APA PR ITU . . . . . .
Apa sih PR itu?
Apa sih PR itu?
1. PR adalah suatu proses strategis antara Organisasi dan masyarakat
2. PR merupakan fungsi manajemen riset yang berhubungan saling menguntungkan kepada masyarakat
Public yaitu mereka yang mempunyai kepentingan
Relation yaitu jalinan antara kedua belah pihak atau lebih yang saling membutuhkan dan saling menguntungkan.
Fungsi manajemen Public Relations meliputi Perencanaan
(Planning), Pengorganisasian (organizing), Penyusunan formasi
(staffing), Memimpin (Leading), Pengawasan (Controlling).
1. Perencanaan (Planing)
Meliputi penetapan tujuan, standar, penentuan, aturan dan prosedur, pembuatan rencana serta prediksi apa yang terjadi.
Meliputi
pemberian tugas terpisah kepada masing-masing pihak, membentuk bagian,
mendelegasikan dan menetapkan system komunikasi, serta mengkoordinir
kerja setiap karyawan dalam satu tim yang solid dan terorganisir.
3. Penyusunan formasi (Staffing)
Menentukan
persyaratan personel yang akan dipekerjakan, merekrut calon karyawan,
menentukan job description dan persyaratan teknis suatu pekerjaan,
melakukan penilaian dan pelatihan termasuk didalamnya pengembangan
kualitas dan kuantitas karyawan sebagai acuan untuk penyusunan setiap
fungsi dalam manajemen organisasi.
4. Memimpin (Leading)
Membuat
orang lain melaksanakan tugasnya, mendorong dan memotivasi bawahan,
serta menciptakan iklim atau Susana pekerjaan yang kondusif – khususnya
dalam metode komunikasi dari atas ke bawahan dan sebaliknya, sehingga
timbul saling kepercayaan yang baik.
5. Pengawasan (controlling)
Persiapan
suatu standar kualitas dan kuantitas hasil kerja, baik berbentuk produk
maupun jasa yang diberikan sebuah perusahaan atau organisasi dalam
upaya penyampaian maksud dan tujuan serta terciptanya citra yang
positif.
Tujuan PR sebagai fungsi manajemen
1. Mengevaluasi sikap dan opini public
2. Mengidentifikasi serta menyesuaikan kebijakan-kebijakan organisasi dengan kepentingan public
3. Merencanakan serta melaksanakan program-program atau kegiatan kehumasan agar organisasi dapat mencapai kesuksesan.
Sumber : Cuplikan dari buku Public Realations 2.0 Karangan Wahidin Saputra & Rulli Nasrullah
Tidak ada komentar:
Posting Komentar